news 

WAJIB DATENG KE SINI KALO LAGI TRAVELING KE MELAKA, MALAYSIA!

Nggak cuma Kuala Lumpur, Malaysia juga punya banyak negara bagian yang menarik buat didatengin lho! Kalo sebelumnya Gogirl! ngebahas soal spot belanja di mall dan department store yang penuh dengan diskon, kali ini Gogirl! bakal ngajak kalian buat mampir ke provinsi Melaka, negara bagian Malaysia yang juga dinobatkan sebagai Kota Warisan Dunia oleh UNESCO. Pack your bag, and let’s go!

Agen Bandarq

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

Selain wisata belanja, Malaysia juga punya sisi sejarah yang cukup menarik buat dieksplor. Salah satunya Melaka, wilayah bersejarah yang jadi saksi dari era kemerdekaan dan bergabung menjadi negara bagian Malaysia. Di abad ke-15, Melaka juga sempet jadi salah satu perlabuhan perdagangan terbesar di Asia Tenggara. Berbeda dari Kuala Lumpur yang terasa begitu modern dengan skyscrapers di sana-sini, going to Melaka is like travel to the past! Beberapa bangunan di Melaka justru seakan kayak nggak kesentuh sama pembaruan apapun kecuali cat tembok dan beberapa dekor. Semua keliatan masih asli dengan gaya bangunan era penjajahan Portugis. Sejak dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage di tahun 2008, Melaka mulai menarik minat para turis yang pengen nikmatin langsung wisata sejarah, mulai dari ngeliat langsung pesona arsitektur, sampe nyicipin kuliner dan jalan-jalan di night market.

 

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

HOW TO GET HERE?

Melaka punya bandara Internasional yang memungkinkan kita direct flighttanpa harus mampir ke Kuala Lumpur dulu. Tapi buat yang pengen jalan darat dari Kuala Lumpur, butuh waktu sekitar 2 jam buat sampe ke Melaka. Perjalanannya juga gampang banget, karena ada banyak transportasi yang nyediain perjalanan ke Melaka, mulai dari yang murah sampe yang mahal. Kalo pake bis, kita bisa naik KKKL Express, Delima Express, atau Transnasional dari Kuala Lumpur TBS (Terminal Bersepadu Selatan) ke Melaka Central dengan harga tiket sekitar RM 12-13 atau Rp 38-40 ribuan. Jadwalnya juga beragam, dari jam 7 pagi sampe jam 11 malem. Kita juga bisa naik taksi dengan biaya yang jauh lebih mahal, yaitu sekitar RM 184 atau Rp588 ribu dari Kuala Lumpur atau RM 183 atau sekitar Rp585 ribuan dari KLIA.

Ke Melaka juga bisa dijangkau dengan naik kereta kok. There are regular KTM Komuter services dari Kuala Lumpur dengan biaya sekitar RM 13.70 atau sekitar Rp44 ribuan, lalu lanjut pake taksi (around RM80) atau bis (RM5) karena letak stasiunnya agak jauh, sekitar 38km dari Melaka City. We can check www.ktmb.com.my for details.

 

WHERE TO STAY?

Meskipun punya banyak tempat nginep, mungkin kita bisa coba buat ngulik dua penginapan di bawah ini sebagai rekomedasi selama stay di Melaka.

 

1. RAMADA PLAZA MELAKA

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

 

It’s a five-star luxury hotel! Ramada Plaza cocok banget buat kita yang pengen nikmatin fasilitas yang super nyaman di tengah kota, and near from major historical and cultural attractions in Melaka such as The Stadhuys, St. Paul’s Hill, Chinatown, and many more. Ramada Plaza punya sekitar 294 kamar dengan fasilitas dan view yang berbeda-beda, ada yang menghadap ke gedung-gedung dan jalan raya, Melaka river yang iconic, atau menghadap ke laut. Sambil istirahat, kita juga bisa nikmatin all day dining restaurant, italian restaurant, chinese restaurant lounge, and club lounge yang cozy banget. Selain itu, Ramada Plaza juga dilengkapin sama berbagai fasilitas kayak dua swimming pool untuk dewasa dan anak-anak, relaxing spa, dan steam room.This is what we call luxurious!

Jalan Bendahara, 75100 Melaka, Malaysia
www.ramadaplazamelaka.com

 

2. A’ FAMOUSA RESORT

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

 

Buat yang ngajak keluarga besar liburan ke Melaka, A’ Famousa Resort bisa jadi salah satu tempat yang cocok. Di dalam A’Famousa Resort, kita bisa pilih 3 jenis tempat yang sesuai sama jumlah orang, dan tentunya budget. Ada Resort Hotel, Condo D’Savoy, dan Villas dengan tipe yang berbeda-beda. Sambil ngisi waktu menginap di sini, kita bisa berkunjung ke berbagai fasilitas yang disediain di A’Famousa kayak Safari Wonderland, Water Theme Park, Old West, Golf Course, serta Sport and Recreation. It’s like one stop entertainment, dan bikin kita betah buat berlama-lama di sini!

Jalan Kemus, Simpang Ampat 78000 Alor Gajah, Melaka, Malaysia
Telp:  +60 6-552 0888
www.afamosa.com

 

WHERE TO SHOP?

Jalan-jalan pastinya harus pake acara belanja dong. Nggak usah takut nggak bisa shopping karena harganya kemahalan, karena Melaka punya beberapa alternatif surga belanja yang nggak mungkin banget kita lewatin!

 

1. FREEPORT A’FAMOUSA OUTLET

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

Bukan, ini bukan mau ngomongin perusahaan tambang kok. Kali ini Gogirl! mau ngajak shopping lagi di daerah Melaka. Terletak di sebelah komplek A’Famousa Resort, Freeport A’Famousa Outlet adalah open-air mall yang diisi oleh ratusan brand internasional mulai dari fashion, children, sports apparel, shoes and bags, optical and accesories, homeware, beauty, serta jadi salah satu destinasi belanja terbesar di Melaka. Di sini kita bisa belanja koleksi last season dari brand-brand terkenal kayak Nike, Adidas, Cotton On, LOGO, Levi’s, and many more, dengan diskon sampe 80% lho! Surga belanja banget!

 

2. JONKER WALK DAY AND NIGHT MARKET

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

Berlokasi di jalan Hang Jebat, Melaka, Jonker Walk sebenernya adalah jalanan bersejarah dan merupaka area Chinatown di Melaka. Di kedua sisinya, kita bisa temuin banyak toko yang ngejual barang-barang antik yang cocok buat dijadiin oleh-oleh, overall mirip sama Central Market yang ada di Kuala Lumpur. On the weekend, jalanan yang biasanya dilalui sama mobil ini ditutup dan berubah jadi night market yang rame banget karena dipenuhi sama banyak pedagang. Jonker Walk Night Market cuma ada tiap Jumat mulai dari jam 6 sore sampe jam 10 malem, serta Sabtu dan Minggu dari jam 11 siang sampe jam 10 malem. Oiya, jangan lupa buat naik Becak Lampu ya begitu main ke sini!

 

MUST VISIT PLACES?

Oke, belanja udah, terus ngapain lagi? Foto-foto di bangunan dan spot wajib Melaka dong tentunya! Yang harus banget dimasukkin ke dalam daftar adalah dua tempat di bawah ini!

 

1. A’FAMOUSA

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

Hmm, dari tadi pasti penasaran kenapa di Melaka sering banget ngegunain nama A’Famousa. Well, nama ini ternyata bersejarah banget dan jadi salah satu tempat wisata yang wajib didatengin kalo berkunjung ke Melaka. A’Famousa sebenernya adalah benteng Portugis yang dibangun di Melaka di tahun 1511, dan sempet diambil alih oleh Belanda tahun 1641, oleh Inggris di tahun 1795-1807. Nama A’Famousa sebenernya berarti The Famous, tapi menurut orang Malaysia kebanyakan, A’Famousa diambil dari bentuk mulut gerbang yang menyerupai huruf A. Tempat ini juga jadi sisa arsitektur Eropa yang paling tua di seluruh Asia. Nggak ada pembaruan, renovasi, atau niat buat ngancurin benteng ini. Bahkan, pemerintah Melaka milih buat ngejadiin lokasi bersejarah ini tetap orisinil. Denger-denger, tempat ini jadi lokasi wajib buat foto prewedding, dengan harapan pernikahan orang-orang yang foto di sini bisa seawet benteng ini. Well, amen for that!

 

2. DUTCH SQUARE (RED SQUARE)

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

The most mainstream but must visit place in Melaka! Tempat ini sebenernya lebih dikenal dengan Red Square karena dikelilingin sama bangunan berwarna merah, mulai dari Stadhuys yang dibangun tahun 1650, area Jalan Laksamana, Christ Church Melaka, dan Tang Beng Swee Clock TowerRed Square bertempat di sebelah Melaka river dan jadi starting point buat ngelilingin Melaka. Nah,  satu hal yang nggak boleh dilewatin begitu berkunjung ke Melaka adalah naik Melaka River Cruise. Dengan biaya sekitar RM15 (Rp48 ribu) buat dewasa dan RM7 (Rp23 ribu) untuk anak-anak, kita bisa mengarungi Melaka river selama 45 menit sambil nikmatin pemandangan, start from historic buildings, old warehouses (godowns), interesting mangrove stands, churches, and villagesyang indah banget di kanan dan kirinya. Kita bisa berangkat dari Muara Jetty, next to Quayside Heritage Centre, close to the Maritime Museum easily recognisable by the replica of the Portuguese ship Flor De la Mar. Dari situ, perahunya bakal ngebawa kita sampe ke Taman Rempah dan kembali lagi ke starting point.

 

FOOD TO TRY?

Meskipun secara rasa mungkin nggak akan jauh berbeda sama kuliner yang sering kita makan di Indonesia, tetep aja harus coba makanan khasnya Melaka. Apa aja itu?

 

1. CHICKEN RICE BALL

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

Selama di Melaka, ini jadi salah satu menu favorit Gogirl! dan emang iconicbanget. Sebenernya chicken rice ball nggak jauh beda sama nasi hainan, tapi yang bikin unik adalah penyajian nasi yang dibikin jadi bulat sebesar bola pingpong dan disajiin sekitar 2-5 bola per porsi tergantung dari ukuran yang ditentuin rumah makan. Buat lauknya, chicken rice ball ditemenin sama potongan ayam yang direbus, lengkap dengan kuah kaldu dan sambal jahe.

Try:
Kedai Kopi Chung Wah (Non Halal)
Ee Ji Ban Chicken Ball Rice (Halal)
Mamee Jonker House (Halal).

 

2. DURIAN CENDOL

 

WAJIB-DATENG-KE-SINI-KALO-LAGI-TRAVELING-KE-MELAKA-MALAYSIA

 

Satu lagi kuliner yang terkenal di Melaka adalah Durian Cendol. Abis panas-panasan dan capek keliling Melaka, semangkuk Es Durian Cendol pasti nyegerin banget! Perpaduan antara es serut, santan kelapa, duren, cendol, plus gula merah yang nyampur jadi satu, bikin nggak bisa berenti nyeruput sampe abis! Such a heaven inside our mouth!

Related posts

Leave a Comment