news today 

Ikan Mirip Alien Ditemukan Warga, Balai Karantina Datang, Langsung Dimatikan

Berita Terkini – Warga Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dibuat geger dengan penemuan ikan jenis aligator. Ikan mirip alien yang dilarang dibudidayakan di Indonesia ini didapat oleh nelayan.

Agen Bandarq

Kepala Karantina Palembang, Agus membenarkan hal itu. Ikan ditemukan nelayan pada Jumat (29/6), di tepian sungai Komering, Ogan Komering Ilir.

“Ikan terlarang jenis aligator ditemukan nelayan saat memasang perangkap di tepian sungai Komering. Panjangnya 85 cm dan berat sekitar 4 kg, penemuan ikan ini sempat membuat warga kaget,” kata Sugeng seperti diberitakan Detik, Kamis (5/7/2018).

Dari hasil penemuan itu, warga langsung meminta pihak dari karantina datang dan menyerahkan ikan yang mereka temukan.

“Saat kita tadi sampai di lokasi, ternyata ikan aligator ini ada dua ekor. Satu ekor hasil tangkapan dan satu ekor lagi ikan yang sudah diternak sejak 2 tahun lalu,” sambung Sugeng.

KLICK TULISAN MIRING DI SAMPING INI UNTUK MASUK KEDALAM SITUS JUDI POKER ONLINE TERPERCAYA CROWNQQ  :  AGEN BANDARQ

Untuk ikan aligator yang diternak sendiri, warga menyebut didapatkan dari sungai yang sama, yakni sungai Komering. Ikan itu sengaja dia ternak karena dinilai ikan langka dan kini panjangnya mencapai 1 meter dengan berat 8 kg.

“Ikan aligator dilarang di Indonesia, tidak boleh diternak. Apalagi dibudidayakan karena berbahaya bagi habitat asli yang ada di sungai tersebut,” sambungnya.

“Sekarang ikannya kita bawa ke balai, untuk yang 1 meter sudah kita matikan tadi di lokasi sesuai permintaan pemilik atasnama Burhanudin. Sedangkan yang 85 cm masih hidup dan ini juga nanti akan dimusnahkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Genman P Hasibuan menyebut ikan jenis aligator dilarang berdasarkan Permen Nomor 41 Tahun 2014.

“Ikan itu dilarang karena bukan ikan jenis asli Indonesia dan ikan ini akan menjadi predator ikan asli yang ada di Sumatera Selatan,” kata Genman.

Untuk mengantisipasi peredaran ikan itu, BKSDA bersama Balai Karantina tengah melakukan sosialisasi hingga 31 Juli. Warga yang memiliki ikan jenis predator diminta untuk menyerahkan pada balai maupun BKSDA.
Baca juga: Penampakan Aligator 4 Meter dalam Kolam Renang di Florida

Untuk diketahui, ikan jenis aligator yang membuat geger warga ini ditemukan di sungai Komering. Warga mengaku tidak pernah melihat ikan dengan jenis itu dan menganggapnya ikan aneh.

Warga yang ketakutan melaporkan hasil penemuan ke Balai karantina dan BKSDA untuk segera diamankan. Apalagi ikan yang disebut warga ‘alien’ ini bentuknya hampir menyerupai anak buaya.

Related posts

Leave a Comment